Minggu, 03 April 2011

makalah bisnis plan

latar belakang pemilihan usaha aksesoris wanita

  1. saat ini tiap wanita baik anak-anak, remaja, pemudi, maupun dewasa dalam   berpenampilan tidak terlepas dengan pemakaian aksesoris-aksesoris yang beraneka ragam.
  2. perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas) bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.

    Tujuan Usaha Aksesoris Wanita
1.      Menimbun Kekayaan
2.      Memperoleh laba yang sebesar-besarnya

Manfaat usaha Aksesoris Wanita
1.      Mendapat keuntungan maksimal dari pelanggan
2.      Mengurangi angka/jumlah pengangguran
3.      Memperindah penampilan konsumen/pengguna dalam bidang Fashion.

     
Faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha aksesoris wanita:
1.Harga
2.Kualitas barang
3.Lokasi strategis
4.Service (pelayanan)
5.Persediaan barang

 Target Pemasaran
             Sasarannya adalah kelompok orang-orang yang memilki keinginan dan kebutuhan yang serupa. Dalam usaha aksesoris wanita, sasarannya meliputi :
1.Anak- anak
2.Remaja wanita
3.Dewasa

Ruang lingkup usaha aksesoris wanita:

1.Jual-Beli
2.Tawar-menawar
3.Promosi
4.Brosur
5.Door to Door

USAHA AKSESORIS WANITA
usaha aksesoris wanita ini menyediakan aksesoris wanita dengan berbagai jenis, ukuran, dan bahan dengan model terkini, harga yang relatif terjangkau, performa karyawan yang baik dan menarik, dan sistem kerja yang efisien. interior toko aksesoris wanita ini menyediakan berbagai jenis aksesoris seperti cincin, gelang, kalung yang terbuat dari mote atau plastik yang berwarna-warni, anting-anting dengan berbagi model, ikat pinggang, scarf, topi dengan berbagai gaya, berbagai aksesoris untuk memperindah rambut, dan sebagainya. peralatan-peralatan standar usaha dan toko aksesoris wanita yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
1. beberapa barang untuk awal pembukaan
2. seragam untuk karyawan
3. pin untuk karyawan
4. banner
5. spanduk
6. Brosur
7. Mesin Kasir

Layanan Tambahan Yang Perlu Disediakan Dalam Usaha Aksesoris Wanita

layanan pembungkusan kado
Souvenir sebagai ciri khas toko
layanan consumer member dengan member ini konsumen akan mendapatkan informasi berupa katalog aksesoris murah, tas murah dan dompet murah mengenai aksesoris baru yang sedang trend yang telah tersedia di outlet, katalog tersebut bisa dikirim melalui pos atau melalui email. dan bahkan terdapat diskon tertentu bagi yang mendaftar sebagai member.

Fasilitas yang tersedia di toko:
1.Ruang pas
2.Toilet
3.Tempat Parkir
4.Rak Barang

 Penempatan / Lokasi

Untuk membuka usaha kecil / usaha aksesoris wanita bagian yang terpenting adalah lokasi yang strategis. Yaitu tempat dimana terdapat keramaian/ banyak orang seperti di daerah Kampus, sekolah, pusat  hiburan atau pusat perbelanjaan. Biasanya orang-orang di daerah tersebut akan tertarik untuk memasuki toko, ditambah dengan desian toko yang bagus dan menarik.
  
                           Nama Barang
Harga
Baju (Kaos wanita)
Rp 15.000 - Rp 50.000
Celana Jeans
Rp 60.000 - Rp 80.000
Gelang tangan
Rp 3.000 – Rp 15.000
Anting
Rp 3.000 – Rp 40.000
Kalung
Rp 5.000 – Rp 40.000
Gantungan Hp
Rp 5.000 – Rp 10.000
Sandal
Rp 10.000 – Rp 30.000
Jam Tangan
Rp 20.000 – Rp 50.000
Bando
Rp 3.000 – Rp 5.000
Sepatu
Rp 50.000 – Rp 100.000
Jepit Rambut
Rp 1.000 – Rp 3.000
Frame photo
Rp 5.000 – Rp 25.000
Boneka
Rp 10.000 – Rp 50.000
Dompet
Rp 15.000 – Rp 60.000
Kunciran
Rp 1.000 – Rp 3.000
Tas
Rp 20.000 – Rp 50.000
Bross
Rp 2.000 – Rp 5.000
Ikat Pinggang
Rp 5.000 – Rp 50.000
Cincin
Rp 3.000 – Rp 30.000
Topi
Rp 10.000 – Rp 25.000


 Cara Pembelian

1.Konsumen dapat memilih dan membeli barang langsung di toko.
2.Konsumen dapat melakukan pemesanan dan siap antar dengan syarat pembelian barang  di atas Rp 100.000, dan Lebih dari 6 jenis barang.

Cara Pembayaran

1.Pembayaran secara tunai
2.Pembayaran secara kredit apabila konsumen telah terdaftar sebagai pelanggan dan dengan syarat-syarat tertentu.
3.Pembayaran transfer melalui rekening Bank.


Promosi bertujuan untuk menyampaikan 4 hal :

1.Membuat calon pelanggan sadar terhadap  produk
2.Membuat mereka banyak mengetahui tentang produk
3.Membujuk mereka untuk menyukai produk
4.Membujuk mereka untuk membeli produk

Untuk merebut perhatian pelanggan ketika mereka berjalan melalui toko, kami menggunakan Pajangan “ Point Of Purchase (POP)” sehingga pelanggan mudah menemukan produk yang diinginkan. Pajangan POP diletakkan di ujung selasar atau dekat tempat pembayaran.
Selain itu, kami mengadakan diskon, distribusi dan garansi meliputi :

Diskon
Pembelian di atas Rp 50.000, mendapatkan diskon sebesar  20%
Pembelian di atas Rp 100.000, mendapatkan diskon sebesar 30%

Distribusi
Penyaluran produk melalui Penjualan online.

 Garansi
Pembelian secara langsung maupun secara tidak langsung akan kami berikan garansi terhadap produk yang mereka beli, diantaranya :
*      Garansi 1 bulan, meliputi seluruh produk dengan syarat :
1.Warna tidak sesuai dengan pilihan
2.Jenis produk tidak sesuai dengan pilihan
3.Bentuk produk tidak sesuai dengan pilihan

*      Garansi 3 bulan, meliputi Tas, Baju, Celana, Sepatu dan Sandal dengan syarat :
1.Bahan produk rusak / Robek
2.Ukuran tidak sesuai dengan pilihan
3.Kulit / bahan terkelupas.



Kesimpulan
 kunci sukses usaha aksesoris wanita :

1. toko aksesoris atau women's stuff store yang strategis di daerah kampus, sekolah, dan pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.
2. toko aksesoris atau women's stuff store yang nyaman dalam berbelanja atau memilih aksesoris yang di-display.
3. pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.
4.tempat usaha didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk singgah bahkan sampai membeli.
5. harga terjangkau contoh aksesoris murah, tas murah dan dompet murah.
6.terdapat berbagai program diskon untuk event-event tertentu, misal: kenaikan kelas, lebaran, natal, tahun baru, dan event khusus lainnya.
7. packing yang menarik.

Untuk selanjutnya apabila usaha aksesoris wanita ini mendapat perkembangan yang meningkat, kami akan membuat strategi yang lebih baik dari sebelumnya sehingga usaha ini tidak akan gagal dan lebih banyak menarik pelanggan untuk membeli produk dalam usaha aksesoris wanita. Diantaranya menambah kuantitas dan kualitas barang, memperbanyak/memperluas informasi yang dibutuhkan konsumen.